STUDI TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK DHARMA WANITA CANDIPARI PORONG SIDOARJO

Faida Annisa • Afif Abdul Kholiq
Journal article Nurse And Health Jurnal Keperawatan

Unduh teks lengkap
(English, 2 pages)

Abstrak

Introduction. Perkembangan motorik diartikan sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh dan perkembangan tersebut erat kaitannya dengan perkembangan motorik di otak. Yang sering dijumpai di TK Dharma Wanita Candipari Porong Sidoarjo masih banyak anak yang mengalami keterlambatan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik anak usia pra sekolah (4- 6 tahun). Methods. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi adalah seluruh ibu yang mempunyai anak di TK Dharma Wanita Candipari Porong Sidoarjo. Pemilihan sampel menggunakan total sampling dengan sampel 36 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan quesioner dan disajikan dalam bentuk tabel. Results. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Dharma Wanita Candipari Porong Sidoarjo didapatkan hasil kurang dengan jumlah 27 orang (75%), pengetahuan cukup dengan jumlah 6 orang (16,7%), pengetahuan baik dengan jumlah 3 orang (8,3%). Discussion. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) pada tingkat pengetahuan kurang. Sehingga peneliti bekerja sama dengan kader kesehatan, guru dan ibu khususnya mengenai perkembangan motorik pada anak usia prasekolah 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Candipari Porong Sidoarjo.

 

Metrik

  • 225 kali dilihat
  • 95 kali diunduh